foto: kabar makkah

chanelmuslim.com – Memiliki anak adalah investasi masa depan hingga akhirat. Doa anak yang shalih kan menjadi amalan tak terputus bagi orang tuanya. Anak yang hafidz (hafal Alquran) akan menjadi syafaat bagi keluarganya. Karenanya mendidik anak merupakan hal yang harus diupayakan sebaik mungkin tuk mencetak anak yang shalih.

Terkadang dalam proses mendidik anak banyak hal tak mudah dihadapi. Meski telah puluhan buku dibaca, kajian diikuti hingga seminar-seminar dan workshop parenting didatangi, tetap saja mendidik anak bukanlah perkara yang mudah layaknya menggoreng tempe.

Tak butuh nasihat, teladan dalam satu dua hari, atau satu dua bulan. Bahkan proses itu sangat panjang bisa bertahun-tahun. Maka dikala hati merasa lemah, fisik merasa lelah karena masih belum melihat hasil yang diinginkan dari anak kita, ingatlah kata-kata ini;
“Ajruki ‘ala qadri nashabik, pahalamu sesuai kadar payahmu,” ujar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada Bunda ‘Aisyah. (HR. Muslim)

Berita Terbaru  Wahai Pemuda, Persiapkan Dirimu untuk Menikah (3)

Meski sang buah hati masih harus setiap kali kita ingatkan untuk sholat, meski ia masih terus butuh bimbingan dalam membaca Alquran, masih terus harus didampingi untuk mengulang hafalannya dan masih saja banyak hal yang membuat kita lebih banyak senewen dan kesal. Ingatlah terus bahwa kepayahan kita dalam ikhtiar kita mendidiknya tak akan Allah sia-siakan. Teruslah berusaha, teruslah belajar, teruslah menjadi teladan yang baik, teruslah berdoa wahai ayah bunda. Karena mendidik anak bagaikan menanam benih, dan anak yang shalih kan menjadi pribadi muslim yang tangguh bagaikan tanaman terbaik yang akarnya kuat menghujam tanah, batangnya kokoh, dan daunnya rimbun memberi manfaat. (w)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY