ChanelMuslim.com – Doa apakah yang sering kita panjatkan untuk anak-anak kita bahkan sejak dalam kandungan? Meminta anak yang tampan atau cantik, anak yang sehat dan pintar? Rasanya hampir semua orang tua berdoa untuk diberikan anak yang sholih/sholihah.

Lalu apakah yang kita harapkan pada diri anak kita dengan untaian doa agar menjadi anak yang shalih/shalihah?

Kita berharap anak menjadi shalih/shalihah tapi kita hampir tak memiliki waktu untuk sekedar menceritakan tentang kisah-kisah dalam Alquran. Kita mampu memberikannya guru ngaji secara privat atau memasukkannya di sekolah Islam terbaik, tapi hampir tak ada waktu untuk mengulang bacaan Alquran bersamanya. Kita pilihkan sekolah terbaik, yang membangun karakter dan akhlaknya, tapi kita tak memiliki aturan dan atmosfir yang sama di rumah.

Ketika anak beranjak besar, ia lebih sering membaca buku dan Alquran dibanding berkumpul bersama teman-temannya di mall atau cafe. Ketika teman yang lain sibuk mengenalkan pacarnya pada keluarga, ia malah asik dengan kegiatan rohis, membuat kajian atau mengikuti halaqah. Lalu kita malah berprasangka, “anakku normalkah? Jangan-jangan ia ikut dengan aliran sesat.”

Berita Terbaru  Merangsang Anak Gemar Bersedekah

Ayah Bunda, siapkah kita dengan konsekuensi doa yang selalu kita panjatkan untuk memiliki anak yang shalih/shalihah? Anak kita akan lebih senang berada di mesjid mendengarkan kajian atau mengikuti halaqah dibanding bergaul di mall atau cafe. Anak kita akan berusaha menyenangkan orang tuanya dengan caranya sendiri, yang tentu berbeda dari kebanyakan. Tidak ada ucapan atau hadiah di hari-hari istimewa untuk kita, namun ia akan dengan ikhlas membantu pekerjaan-pekerjaan rumah. Ia akan selalu mengingatkan dan mengajak untuk shalat atau menutup aurat kita. Ia yang akan secara diam-diam berdoa untuk kita.

Inilah sungguh anugerah bagi orang tua, anak yang shalih/shalihah yang mendoakan orang tuanya. Namun, tak sedikit orang tua yang merasa kebingungan dan merasa anaknya aneh karena tidak seperti anak kebanyakan. Mari ayah bunda, saat memohon untuk diberi anak yang shalih/shalihah, kita pun memohon agar senantiasa diberikan hidayah-Nya agar dapat menambah ilmu dan keshalihan diri. (w)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY