Foto: the green guide

Chanelmuslim.com-Dalam sebuah wawancara yang dimuat di Tenplay, Bill Gates menegaskan bahwa anak seharusnya tidak dibolehkan memiliki ponsel pintar atau gadget sebelum usianya 14 tahun.

Pakar parenting dan ahli teknologi mengamini ucapan Bill Gates. Karena penelitian juga telah membuktikan bahwa membiarkan anak menyentuh teknologi terlalu dini bisa berdampak buruk pada anak.

Dikutip dari the Asian parent, Bill mengaku, bahwa dia dan istrinya Melinda menetapkan aturan ketat soal memberikan gadget pada anak-anaknya. Meskipun anak mereka memprotes aturan tersebut, namun Bill tetap tegas.

“Kami tidak membolehkan ada yang memegang ponsel pada saat makan. Kami juga tidak memberikan anak kami ponsel sebelum usianya 14 tahun, dan mereka mengeluh bahwa teman-teman mereka sudah memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun,” ungkap ayah tiga anak ini.

Berikut ini adalah sederet aturan terkait penggunaan teknologi, yang diterapkan Bill Gates dan sang istri pada anak-anak mereka.

– Melarang anak mereka memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun
– Membatasi screen time, sehingga mereka punya waktu lebih banyak untuk dihabiskan bersama keluarga
– Tidak dibolehkan membawa ponsel pada saat makan
– Menentukan jam berlaku untuk melihat televisi dan ponsel setiap hari sehingga anak-anak bisa pergi tidur lebih awal dibanding anak lain.

Berita Terbaru  Membiasakan Anak Bangun Pagi Sejak Dini

Mengapa harus berusia 14 tahun? Menurut Meti Herawati, penulis buku parenting, anak-anak usia pra-baligh (7-14 tahun) berbeda karakternya dengan anak-anak usia dini. Pada masa ini, kehadiran orangtua sangat penting bagi anak. Masa ini adalah usia transisi, mereka tidak mau lagi dianggap anak kecil, kadang sikapnya tidak semanis usia sebelumnya.

Jika pada usia transisi ini anak mendapat pendidikan yang hebat dari orangtua dan gurunya, anak itu akan menyambut masa depannya dengan cemerlang. Masa transisi ini anak sedang mencari identitas diri. Untuk itu, peran orang tua dan lingkungan di sekitarnya akan banyak membentuk karakter anak. Jangan sampai peran itu diisi oleh gadget sehingga anak tidak memiliki karakter yang baik sesuai fitrahnya. (ind)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY