Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuh

Pak Andan, saya memiliki rumah kecil yang ingin saya renovasi dengan dana yang kecil juga. Karena khawatir dana tidak cukup, maka saya ingin dibuatkan desain nya dulu. Hingga tidak salah dalam pengerjaan nya nanti.

Hal yang paling utama adalah mengganti atap rumah. Lalu membuat carport agar mobil masuk ke dalam area halaman rumah. Kemudian rumah ini gelap sekali. Hingga tidak ada sirkulasi udara yang memadai.

Untuk desain nya saya serahkan ke Pak Andan, mana yang terbaik.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas tanggapan Pak Andan.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Harno – Tangerang

 

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Harno di Tangerang, terima kasih atas kepercayaan nya dalam menata rumah bapak. Tidak banyak orang yang mau menata dan membuat desain nya ke arsitek. Biasanya desain sendiri saja. Apalagi rumah kecil.  Padahal justru semakin kecil rumah, semakin susah desain nya. Dan semakin butuh gambar untuk panduan.

Memang sebaik nya sebelum melangkah harus ada panduan desain. Walaupun ada fee desain arsitek, namun sebenar nya hal ini tidak seberapa dibanding kan jika pelaksanaan nya terjadi kesalahan di lapangan.

Mari kita simak desain hemat ini satu persatu :

harno-serpong-ds-3-int-1

3 kamar dan 2 kamar mandi saya pertahankan. Hanya carport saja yang saya panjangkan. Hingga cukup unttuk parkir motor dan 1 mobil. Area depan ini awal nya adalah teras dan ruang tamu yang tanggung. Hingga saya jebol saja dinding nya hingga mentok ke dinding kamar tidur.

harno-serpong-ds-3-int-2

Untuk cahaya saya ambil dari area dapur. Atap nya saya buat transparan. Hingga terang nya sampai juga ke ruang dalam. Di sebelah dapur ada gudang. Area ini pilihan. Bisa juga di ubah jadi ruang cuci jemur. Hingga satu paket service area di ruang ini.

Berita Terbaru  Renovasi Rumah 2 lantai Tanpa Bongkar Bangunan Lama

harno-serpong-ds-3-view-6

Nah, jika saya angkat dari atas atap ini maka jelas sudah pola masuk cahaya dan sirkulasi hawa nya. Karena tanah nya miring , maka saya menempelkan nok atap nya di sisi miring ini.

harno-serpong-ds-3-view-3

Bagian muka saya buat atap konsol. Agar sisi miring atap nya mendapat lawan yang seimbang. Hingga terjadi keseimbangan desain muka bangunan. Selain itu juga hal ini membuat desain bangunan yang sebenar nya miring menjadi tersamar dan tidak nampak.

harno-serpong-ds-3-view-4

Sisi samping yang memiliki akses jalan gang saya manfaatkan juga untuk akses cahaya. Hingga pola ini juga sekaligus membentuk tampak samping rumah yang juga cantik. Rumah ini menjadi memiliki akses muka 2 arah, dari depan dan dari samping.

harno-serpong-ds-3-view-7

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Walaupun sampai beberapa kali saya harus merubah desain ini. Karena sebenar nya ini adalah desain yang ke 3. Karena setelah saya survey lokasi ada beberapa penyyesuaian yang harus di buat.

Selain itu juga diskusi dengan tukang di lapangan. Belum lagi menyesuaikan dengan budget owner. Untuk itulah manfaat membangun rumah dengan panduan desain. Bisa di ubah kesana kemari tanpa biaya. Karena memang belum di mulai pekerjaan nya.

harno-serpong-ds-3-view-2

Demikian penjelasan saya. Mohon maaf jika ada hal – hal yang kurang berkenan. Sampai jumpa pada edisi konsultasi arsitektur berikut nya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

andan-pic-frame

 

 

 

Andan Nadriasta, ST – 0813 1901 0400 ( wa only )

0817 496 57 42 ( sms only )

Kirimkan email order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY