Ilustrasi Wajah (Foto: fitindia)

ChanelMuslim.com – Kecantikan kulit wajah tentu merupakan hasil perlindungan dan perawatan yang dilakukan terhadap kulit wajah. Sementara itu, perlindungan dan perawatan setiap kulit wajah harus disesuaikan.

Karena setiap kulit wajah memiliki perbedaan, tergantung jenis kulit wajah tersebut.
Dengan benar-benar mengetahui jenis kulit wajah, bisa mengurangi resiko terkena masalah kulit wajah dan perawatan yang tepat serta sesuai.
Untuk mengetahui jenis kulit wajah bisa dilakukan pengetesan pada wajah dengan cara yang sederhana dan mudah dipraktekan.
Langkah pertama yang harus kita sediakan adalah cermin yang seukuran dengan wajah kita, tapi bebas ukurannya.
Beberapa hal yang harus kita hindari ketika melakukan tes ini, yaitu tes dilakukan pada ruangan yang bebas AC (Air Conditioner) dan sebelum melakukan tes jangan berada di ruangan ber-AC minimal 1,5 jam sebelum melakukan tes agar kulit wajah tidak menjadi kering dan hindari mencuci wajah minimal 1 jam sebelum melakukan tes.
Terakhir, minimal 1,5 jam sebelum melakukan tes dilarang keluar rumah atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.
Berikut adalah cara melakukan tes cermin, untuk mengetahui jenis kulit:
1. Tempelkan wajah pada cermin bersih yang telah disedikan
2. Pastikan dahi, hidung dan dagu berada pada satu garis lurus
3. Setelah menempel, tekan pipi pada cermin dengan membalikan wajah dari kiri ke kanan dan sebaliknya
4. Tempelkan setiap bagian wajah seperti dahi, hidung, pipi dan dagu pada cermin.
Setelah melakukan tes cermin amati minyak yang menempel pada cermin.
Untuk mengetahui jenis kulit wajah dengan membaca hasil tes sebagai berikut:
– Kulit berminyak: apabila terdapat bekas minyak di cermin, terutama pada area T wajah dan pipi, maka wajah termasuk berminyak.Ciri-ciri lainnya, pori-pori wajah besar dan wajah mengkilap.
– Kulit kering: apabila tidak terdapat bekas minyak di cermin, kecuali bekas bulu pada wajah, maka kulit termasuk kering.
– Kulit kombinasi: apabila bekas minyak hanya terdapat pada area T wajah (hidung dan dahi), maka kulit Anda masuk kategori tipe campuran.
Jenis kulit ini merupakan tipe yang paling normal dimiliki banyak orang. Area T pada wajah selalu lebih berminyak daripada bagian lain, karena di sanalah kelenjar minyak terbanyak. Pipi akan kering, sedangkan hidung dan dahi lebih berminyak.
– Kulit sensitive: tipe kulit yang sulit dikenali dengan tes cermin. Kulit sensitif bisa berminyak atau kering. Sehingga perlu menekan wajah pada cermin cukup lama.
Apabila merasakan perih, maka jenis kulit termasuk sensitif. Kulit jenis ini tidak cocok dengan sebagian besar kosmetik yang beredar di pasaran
.
Maka, sebelum memulai perlindungan dan perawatan kulit wajah sehingga menghasilkan wajah nan cantik, mulailah mengetahui jenis kulit wajah.
Setelah mengetahui termasuk ke dalam jenis apakah kulit wajah dan mulailah melakukan perlindungan dan perawatan yang benar serta sesuai.(winda)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY