Foto: andan/chanelmuslim
Foto: andan/chanelmuslim

Chanelmuslim.com-Pak Andan, saya sedang merenovasi rumah. Namun setelah hampir jadi saya bingung finishing façade nya. Karena tampilan sekarang jadi seperti gudang. Memang di awal saya sudah meminta pelaksananya untuk membuatkan gambar. Namun sampai bangunan sudah naik ke atas belum ada gambar juga. Jadi akhir nya kami hanya mereka-reka saja.

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan, saya sedang merenovasi rumah. Namun setelah hampir jadi saya bingung finishing façade nya. Karena tampilan sekarang jadi seperti gudang. Memang di awal saya sudah meminta pelaksananya untuk membuatkan gambar. Namun sampai bangunan sudah naik ke atas belum ada gambar juga. Jadi akhir nya kami hanya mereka-reka saja.
Mohon bantuan Pak Andan. Kami ada di Pondok Aren. Jika ada waktu silakan Pak Andan mampir ke tempat kami di dekat Bintaro sektor 9.
Terima kasih atas tanggapan Pak Andan.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh
Tania – Pondok Aren

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Bu Tania dan netters, semoga silaturahim kita di berkahi Allah. Semoga situs chanelmuslim ini diberikan ke istiqamah an untuk menebarkan informasi kebaikan. Dan semoga segenap netters sekalian diberikan karunia kesehatan dan kesejahteraan.

Bu Tania, keadaan ini memang sering saya temukan. Pembangunan atau renovasi rumah tanpa bantuan dan arahan desain. Hingga pekerjaan lapangan sering tidak terkontrol dan terarah. Hingga tukang di lapangan pun sering mengalami kesalahan.

Saya tidak paham, apakah tim lapangan Bu Tania mampu memproduksi gambar arsitektur. Karena saya tidak ikut proyek ini dari awal. Untuk itu, saya perlu adaptasi dulu. Adaptasi ini saya perlukan agar tim lapangan yang sudah jalan sekarang tidak tersinggung dengan kehadiran arsitek.

Biasanya setelah saya jelaskan baik – baik, tim lapangan akan paham. Penjelasan saya juga biasanya seputar teknis, seperti kemiringan atap rumah Bu Tania yang terlalu landai hingga sebaiknya menggunakan jenis atap datar seperti atap onduline atau atap spandek. Lalu konsol tambahan di lantai 2 diperlukan untuk penyangga atap tritisan yang menjuntai ke depan. Hingga konsol ini juga bisa berfungsi sebagai eye catching façade yang cantik.

Foto: andan/chanelmuslim
Foto: andan/chanelmuslim

Permainan batu alam bisa diselipkan dengan pola vertikal. Jangan terlalu banyak. Karena saya tidak ingin menjadikan rumah ini seperti rumah flinstone. Rumah batu yang kaku dan terlalu berat. Unsur batu sebagai ornamen dan profil sebaiknya secukupnya saja. Agar rumah masih punya ruang untuk menempatkan cat tembok.

Berita Terbaru  Bolehkah Niat Puasa Qadha dan Sunnah Sekaligus?
Foto: andan/chanelmuslim
Foto: andan/chanelmuslim

Permainan cat tembok warna cerah pada maka rumah ini akan menjadikan ia segar. Tampil minimalis dan modern. Saya tambahkan pula konsep rumah tumbuhnya jika Ibu Tania ingin menambah kamar di depan. Yaitu dengan memotong atap lantai 1 dan mengubahnya jadi dak beton kamar tidur.

Foto: andan/chanelmuslim
Foto: andan/chanelmuslim

Dengan hanya meneruskan atap konsol di lantai 2, maka ruang tidur ini sudah memiliki sambungan atap yang sudah dipersiapkan. Hingga kelak tidak perlu banyak bongkar lagi. Dan pola desainnya masih menyatu dengan atap miring satu lantai bawaan desain asli dari developer.

Foto: andan/chanelmuslim
Foto: andan/chanelmuslim

Alhamdulillah, selesai sudah. Kendala tersulit saya untuk mengubah rumah gudang terselesaikan. Hingga renovasi facelift ini dapat saya tuangkan dalam kertas. Pertarungan antara konsep dan realita lapangan sungguh seru. Karena di sisi lain saya juga harus berhemat agar dana Bu Tania tidak tersedot habis.

Foto: andan/chanelmuslim
Foto: andan/chanelmuslim

Semoga mandor Mang Ujang mampu memahami desain saya. Sepintas saat jumpa dengan mereka di Pondok aren, nampaknya mereka mengerti. Dan semoga desain saya ini menjadi solusi hemat bagi Bu Tania yang harus segera menempati rumah ini.
Semoga juga dengan penjelasan ini netters sekalian jadi paham, betapa penting arti sebuah desain. Harga desain menjadi tidak seberapa dibandingkan kesalahan dalam membangun karena tanpa bantuan desain. Ribuan kilometer sudah saya tempuh. Alhamdulillah saya diberi izin oleh Allah untuk dapat istiqamah memberikan pelayanan desain arsitektur rumah tinggal ini, namun sering kali pula masih banyak orang yang meremehkan desain.

Tidak mengapa. Karena memang masih banyak orang yang belum paham tentang bidang ini. Nah, semoga dengan materi ini menjadi pelajaran bagi kita bersama. Pelajaran juga bagi saya untuk lebih sabar lagi menghadapi kendala lapangan seperti ini.

Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST – 08174965742
Kirimkan email pertanyaan/order desain/pelaksanaan ke: [email protected]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY