Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di chanelmuslim.com , saya ingin merenovasi rumah dengan hemat. Tanah saya 6 x 13,5 meter. Ukuran rumah saya sertakan. Namun alangkah baik nya jika Pak Andan bisa mampir ke Krawang.

Rumah kami masih standar dari developer. Paling hanya ada penambahan dapur saja di belakang. yang lain nya masih bangunan asli.

ati-denah-awal

Pak Andan, saya ingin ada 2 kamar tidur di lantai satu. Lalu carport di depan di buat dengan baik. Karena walaupun hanya untuk parkir mobil , kami ingin ia tampil baik. Berikut juga dengan parkir motor di desain dengan baik. Hingga tampilan muka rumah menjadi indah.

Dapur juga ingin saya ubah sekalian agar tampilan nya menjadi lebih baik. Saya juga ingin ruang tamu yang lebih privasi , hingga jika pintu muka rumah terbuka maka rumah tidak nampak dari jalan.

Untuk lantai 2 saya ingin 1 kamar tidur saja. Dengan ruang cuci jemur dan void yang lapang, hingga udara segar dapat mengalir.

Demikian pertanyaan saya Pak Andan, terima kasih atas jawaban nya.

Wassasalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaauh

Ati – Karawang

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ibu Ati di Karawang, jazakillah atas akses nya. Semoga silatturahim kita membawa keberkahan. In Sha Allah saya jadwal kan silatturahim ke rumah ibu sekeluarga. Hingga data lapangan yang saya peroleh lebih akurat lagi.

Karena renovasi rumah sangat membutuhkan akurasi data lapangan. Di tambah lagi diskusi dengan pemilik rumah membuat desain akan lebih tepat lagi. Selera suami dan istri kadang berbeda. Kebutuhan ruangan dan dana yang tersedia juga menjadi faktor penentu diskusi desain.

Baiklah, singkat cerita setelah saya berdiskusi dengan Bu Ati sekeluarga, maka saya dapat membuat kesimpulan sebagai berikut :

Desain hemat ini saya mulai dengan memindahkan dapur berdampingan dengan taman langsung. Hingga dapur yang nyaman akan terasa indah karena menggunakan material baru, menghadap ke taman, dan juga nyaman karena agak menyilang tidak langsung terlihat dari ruang tamu.

ati-denah-lt-1

Kamar mandi lama tetap saya pakai. Ruang tidur di depan juga tetap saya pakai. Area ini langsung bersentuhan dengan carport di depan. Lalu di samping carport ada parkir motor yang bersisian dengan mobil.

Tangga saya letakkan di tengah. Hingga ruangan terasa lapang. Karena tangga berhubungan dengan area void yang lapang juga. Area ini sekaligus menjadi akses cahaya dan hawa karena ia dapat masuk dari ruang cuci jemur.

ati-denah-lt-2

Kamar mandi di atas berhubungan secara vertikal plumbing dengan lantai 1. Hingga pola pipa air nya hemat. Tidak perlu bongkar plumbing lama. Septic tank bisa pakai jalur lama. Dinding struktur nya juga bisa pakai pola lama.

Untuk mencegah tampias air hujan maka saya buat pet beton atap di atas pintu dan jendela dapur. Hingga kusen dan pintu jendela dapur awet. Jika Bu Ati ingin membuat teras kecil di dapur juga bisa. Hingga nyaman juga saat masak ada area duduk tambahan di bagian belakang rumah.

Berita Terbaru  Khitan pada Anak Perempuan

ati-3

Desain muka minimalis sangat melekat di muka rumah Bu Ati. Warna biru yang sebenarnya agak sulit di gunakan untuk kulit muka rumah, alhamdulillah dapat di aplikasikan dengan baik di rumah ini. Melalui dinding bergaris dan pet beton biru di atap carport.

Warna lantai 2 cukup dengan perpaduan putih dan abu – abu. Hingga warna biru nya menjadi dominan. Ditambah kaca sudut di sisi ‘best view’ rumah , membuat box putih kotak tampil dominan dan  tegas.

ati-1

Teras depan bisa juga kita letakkan kursi tamu yang menghadap ke carport. Hingga tamu sebenar nya bisa juga diterima di sini. Dengan pintu ruang tamu yang menyamping, dan konsep teras tamu yang nyaman, maka privasi keluarga terjaga.

Kini mari kita lihat aplikasi desain nya di lapangan. Hingga kita bisa bandingkan penyesuaian desain dan lapangan. Disinilah fungsi nya project yang ada kita buat dulu konsep nya. Karena hal ini sangat membantu tukang di lapangan untuk mewujudkan desain.

photo0198

Alhamdulillah, aplikasi desain nya mendekati keinginan pemilik rumah dan arsitek nya. Alhamdulillah, tim tukang mampu memahami desain ini dengan baik dan benar. Hingga pewarnaan nya tampil dengan segar. Komposisi bangunan nya juga tampil dengaa baik.

photo0196

Sisi samping rumah menjadi ‘best view’ . Apalagi memang arah mobil dari luar datang dari arah ini. Hingga tampilan pertama kali rumah Bu Ati adalah sisi yang paling baik. Dengan sisa taman di depan, pohon di area pinggir jalan dan tiang carport yang tidak menggangga fasad, maka rumah ini tampil kompak dan menawan.

whatsapp-image-2016-11-12-at-9-42-32-pm

Demikian netters chanelmuslim yang saya hormati, tampilan desain rumah Bu Ati yang saya ambil dari file project yang sudah rampung. Kini rumah tersebut sudah di tempati oleh Bu Ati sekeluarga. Semoga rumah nya menjadi baiti jannati. Semoga desain hemat kali ini bisa menjadi pencerahan bagi kita semua.

Sabar sedikit membuat desain, in sha Allah akan kita peroleh hasil yang baik. Sabar sedikit kita menyisihkan fee desain yang tidak seberapa jika dibandingkan dengan harga renovasi nya itu sendiri, namun in sha Allah pelaksanaan lapangan jadi lebih terkontrol.

Akhirul kalam, al haqqu mirrobika. Yang hak itu datang dari Allah. Jika ada yang dhoif, tentu datang dari saya selaku pribadi yang masih terus berusaha memperbaiki diri.

Billaahi watufik wal hidayah,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

andan-arsitek-foto-profil

 

 

 

Contact : 0813 1901 0400 ( wa only )

0817 496 5742 ( sms only )

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY