Foto: Khadeeja Fatimah Abdullah, anak OSD yang terkena campak (IG OSD)

Chanelmuslim.com-Penyakit campak kembali mencuat setelah anak artis Oki Setiana Dewi terkena penyakit itu. Sebagai salah satu penyakit yang rentang mengancam anak-anak, orang tua harus bisa mengenali gejalanya.

Dikutip dari WebMD, ciri-ciri sakit campak adalah demam, batuk, pilek dan mata yang berwarna kemerahan. Gejala ini memang mirip dengan beberapa penyakit infeksi lain.

Dalam beberapa hari, akan muncul ruam kemerahan di sekitar wajah, dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Munculnya ruam kemerahan ini bisa dibarengi dengan nyeri saat menelan, diare dan rasa lemas yang dialami anak.

“Conjungtivitis (mata merah, berair, gatal), coryza (pilek,) dan cough (batuk). Bintik-bintik merah timbul saat panas sedang tinggi-tingginya biasanya hari ke-4 atau 5 panas. Muncul pertama pada daerah batas rambut, dahi, belakang telinga lalu menjalar sampai kaki,” papar dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo.

Berita Terbaru  Sedang Haid Tapi Ingin Berolahraga? Coba yang Ini

Campak, yang juga lazim disebut sebagai tampek di beberapa daerah, tergolong penyakit yang cukup fatal bagi anak-anak. Risiko kematian akibat campak sangat tinggi, terutama bagi anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut sekitar 135.000 anak meninggal setiap tahunnya karena campak. Jika dirata-rata ada sekitar 360 anak yang meninggal tiap hari karena campak, atau 15 anak tiap jamnya.(ind/dethealth)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY